LainnyaLingkungan

Kewajiban Menjaga Lingkungan

Seorang muslim wajib hidup dalam kebersihan dan menjalani kehidupannya dengan segala kebersihan.

Seseorang yang menjaga kebersihan ketika hendak shalat Jumat, termasuk mandi, memakai wewangian dan baju yang bagus maka dijanjikan oleh Allah Ta’ala akan diampuni dosa-dosanya. Itulah di antara bonus dari Allah bagi setiap hamba-Nya yang berusaha menjaga kebersihan terutama tentu saja saat-saat akan melakukan shalat lima waktu.
Dalam sebuah hadis, dikatakan, dari Salman al-Farisi, dia berkata, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah seseorang mandi dan bersuci pada hari Jum’at, memakai minyak rambut atau memakai minyak wangi di rumahnya kemudian keluar lalu dia tidak memisahkan antara dua orang (dalam shaf) kemudian mengerjakan sholat dan selanjutnya dia diam (tidak berbicara) jika khatib berKhotbah, melainkan akan diberikan ampunan kepadanya (atas kesalahan yang terjadi) antara Jum’atnya itu dengan Jum’at yang berikut-nya.” (HR. Al-Bukhari).

Ketujuh, menghindari laknat Allah
Apakah kita tahu jika wasilah kebersihan itu, maka Allah Ta’ala akan menghindarkan pelakunya dari laknat Allah? Tentu saja tidak satupun manusia ingin mendapatkan laknat dari Allah Tuhan semesta alam ini. Nah, salah satu cara untuk menghindari laknat Allah adalah dengan menjaga kebersihan
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim).
Betapa indah ajaran Islam ini. Dalam hadis lain juga Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan, “Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali.” (HR. At-Tirmidzi)
Demikianlah sebagian kecil yang bisa diurai tentang mengapa seorang muslim wajib hidup dengan mengamalkan kebersihan. Tentu saja masih sangat banyak dalil-dalil lain yang mengajak umat Islam ini untuk hidup dan mengamalkan kebersihan. Jadi, mari kita mulai untuk senantiasa menjaga kebersihan. Bukan tidak mungkin, penyakit yang selama ini menyerang akan hilang ketika seseorang mampu mengamalkan hidup bersih dan menjadikan kebersihan sebagai gaya hidupnya.

*KHOTBAH UNTUK UMAT ISLAM, Tahun 2020, Disusun bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta & Yayasan ICLEI-Local Governments for Sustainability Indonesia Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Previous page 1 2 3 4
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button