Era Society 5.0 | DR. Arif Zulkifli Nasution

Era Society 5.0

Pertumbuhan Penduduk Jepang yang mencapai Zero Growth bahkan minus Growth. Hal tersebut mengakibatkan Tenaga Kerja Produktif jumlahnya semakin berkurang dan Tenaga Kerja Usia Lanjut semakin meningkat karena angka harapan hidup yang semakin tinggi. Karena itu dibutuhkan suatu system yang cerdas untuk melayani kebutuhan masyarakat yang semakin lama semakin kompleks.

Secara sederhana, Society 5.0 dapat diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Misalnya masalah Jepang menghadapi masalah tingginya generasi tua yang mana pengeluaran untuk biaya pengobatan serta pelayanan nya semakin meningkat. Kemajuan Jepang membuat minimnya ketersediaan tenaga buruh ahli dan tingginya biaya perawatan infrastruktur. Solusinya adalah Menggunakan data medical records untuk membantu mempercepat penanganan kesehatan; Membuat sistem remot untuk pelayanan kesehatan; Menggunakan AI dan robot sebagai perawat Sensor; AI, dan robot akan digunakan untuk membantu pemeliharaan jalan, terowongan, jembatan dan infrastruktur lainnya

Era Society 5.0 adalah Sebuah masyarakat yang berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dan teknologi dengan menyelesaikan masalah melalui sistem yang mengintegrasikan dunia maya dan ruang fisik atau disebut Super Smart Society. (Sumber: Pidato Sinzo Abe dan World Economic Forum Di Davos, Januari 2019)

Tahapan Era Society 5.0
• Era 1.0 : Berburu
• Era 2.0: Bertani
• Era 3.0: Industri
• Era 4.0: Informasi Teknologi
• Era 5.0: Society

Gambar Aktifitas Kesehatan sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) era Society 5.0

Gambar Aktifitas Transportasi sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) era Society 5.0

Gambar Aktifitas Kontruksi sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) era Society 5.0

Gambar Aktifitas Keuangan sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) era Society 5.0

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − nineteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

scroll to top