AGITOR ENERGI NUSANTARA | DR. Arif Zulkifli Nasution

AGITOR ENERGI NUSANTARA

EXECUTIVE SUMMARY

Agitor Energi Nusantara adalah perusahaan energi terbarukan yang mengolah kotoran sapi menjadi energi dalam skala industri. Manfaat Industri biogas antara lain dari segi ekonomi, sosial, lingkungan, dan ketahanan pangan.

Kelebihan Perusahaan Agitor Energi Nusantara adalah Pertama, lebih efisien dibanding industri energi hijau lainnya. Kedua, nilai investasi yang diperlukan rendah, yaitu US$ 10 million untuk menghasilkan listrik 2,5 MW. Ketiga, keperluan lahan pabrik hanya 2 hektar, Keempat, memiliki akses langsung pada suplai kotoran sapi yang melimpah. Kelima, memiliki sistem pengangkutan logistik kohe yang terpadu, keenam menggunakan reaktor biodigester yang diproduksi SDM lokal.

Estimasi Produksi listrik Agitor Energi Nusantara dari kotoran sapi berkisar 5 – 7.5 MW. Berasal dari 50 ribu ekor sapi yang berada di Lembang, Cisarua, Prompong, Ciater, Pangalengan, Sukabumi, dan lain-lain

Pabrik biogas menghasilkan 3 (tiga) produk, yaitu: metan, CO2, pupuk organik. Proses produksi biogas menggunakan reaktor biodigester dan proses upgrading.  Kedua Proses tersebut dapat meningkatkan efisiensi Metana sampai 55%.

Kebutuhan Investasi Pabrik Biogas sekitar rp 100 M, dengan skenario optimis IRR 92,67%, PBP 1,06 tahun,  NVP Rp 208 Miliar, sedangkan skenario pesimis IRR 29,81%, PBP 3,22 tahun,  NVP Rp 9,32 Miliar

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

scroll to top