Penelitian yang pernah dilakukan 1 | DR. Arif Zulkifli Nasution

Penelitian yang pernah dilakukan 1

ABSTRAK

Hubungan antara Gaya kepemimpinan dan Motivasi kerja dengan Kinerja pegawai Sekretariat Menteri Sekretariat Negara RI.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana hubungan Gaya kepemimpinan dengan Kinerja pegawai, hubungan Motivasi kerja dengan Kinerja pegawai dan hubungan Gaya kepemimpinan dan Motivasi kerja secara bersama-sama dengan Kinerja pegawai.
Penelitian ini dilakukan bulan Februari 2006, tujuan penelitian adalah penelitian asosiatif yaitu penelitian untuk menjelaskan kedudukan variable-variabel yang diteliti serta hubungan variable-variabel tersebut. Tiga variable yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Gaya kepemimpinan (X1) dan Motivasi kerja (X2) sebagai variable bebas dan Kinerja pegawai (Y) sebagai variable terikat. Untuk memperoleh data ketiga variable tersebut diambil sample sebanyak 39 orang (berdasarkan tingkat kesalahan 5%) dari jumlah seluruh pegawai sekretariat menteri sekretariat negara 354 orang.
Temuan penelitian adalah (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya kepemimpinan dengan Kinerja pegawai yang dijelaskan oleh koefisien korelasi r = 0.2869, melalui model persamaan regresi sederhana Y = 42.4322 + 0.3197X1. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Motivasi kerja dengan Kinerja pegawai yang dijelaskan oleh koefisien korelasi r = 0.64, melalui model persamaan regresi sederhana Y = 22.8696 + 0.6089X2 (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Gaya kepemimpinan dan Motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja pegawai yang dijelaskan oleh nilai koefisien korelasi berganda 0.6462 lebih besar dari r table 0,316 dan koefisien determinasi (R square) = 0.4176 melalui model persamaan regresi berganda Y = 26.0562 – 0.1206 X1 + 0.667 X2. Uji Signifikansi koefisien korelasi berganda diperoleh F hitung 15.7751 dan F tabel 3,24 sehingga F hitung > F tabel maka Ho ditolak berarti terdapat pengaruh Gaya kepemimpinan dan Motivasi kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja pegawai dan terbukti secara empiris.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

scroll to top