Generasi Milineal atau Milineal generation | DR. Arif Zulkifli Nasution

Generasi Milineal atau Milineal generation

Pembelian Online (Buying Online)
• Tujuan Pelanggan yaitu untuk mencari dan membeli produk. Produk sendiri dibagi menjadi produk yang didistribusikan melalui internet dan produk fisik dengan distribusi fisik (Ligthner et al, 2002).
• Proses membeli melalui media internet terjadi ketika konsumen yang berpotensial menggunakan internet dan mencari-cari informasi yang berkaitan dengan barang atau jasa yang mereka butuhkan
• Pembelian online atau Buying Online kini menjadi sebuah gaya hidup masyarakat modern, dimana trendnya semakin lama semakin meningkat, banyak keuntungan dan kemudahan yang didapat menjadikan salah satu faktor yang memicu trend pembelian online atau buying online.

Manfaat Pemasaran Online bagi konsumen
• Kemudahaan. Para pelanggan dapat memesan produk 24 jam di mana pun mereka berada. Pelanggan tidak harus pergi ke tempat para perusahaan berjualan.
• Informasi. Para pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan, produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor ataupun rumah mereka.
• Rongrongan yang lebih sedikit. Para pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor–faktor emosional, mereka tidak perlu antri dalam melakukan pembelian.
• Pembeli dapat memesan barang sesuai dengan keinginan mereka. Pembeli dapat secara langsung mengkomunikasikan keinginan mereka kepada perusahaan atas barang/jasa yang mereka butuhkan. Sehingga pembeli dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan dari barang tersebut.

Manfaat bagi pemasar
• Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar. Perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada tawaran mereka serta mengubah harga dan mendeskripsikan produknya.
• Biaya yang lebih rendah.
• Pemupukan hubungan. Pemasar online dapat berbicara dengan pelanggan dan belajar lebih banyak dari mereka. Pemasar juga dapat mendownload laporan yang berguna, atau demo gratis perangkat lunak para pemasar.
• Pengukuran besarnya pelanggan. Para pemasar dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs online para pemasar dan pelanggan yang singgah di situs yang dibuat oleh pemasar. Informasi itu dapat membantu pemasar untuk meningkatkan tawaran dan iklan mereka

Generasi Millennial
• Gaya belajar generasi millennial adalah berbasis indra (misalnya visual, audio dan lainnya) yang berbasis kepada kepribadian dan bakat mereka. Karena dalam kehidupan mereka sehari-hari teknologi sudah menjadi bagian dari hidup mereka dan merupakan abad informasi untuk mereka dalam mencerminkan pola pikir mereka dalam gaya belajar pada generasi millineal ini. Generasi ini memperlihatkan gaya belajar yang berbeda.

Karakter GM
1. interaktif bekerjasama
2. penuh rasa ingin tahu
3. agresif
4. penuh percaya diri
5. harga diri yang tinggi
6. adaptif teknologi
7. menerima perbedaan

Multitasking
• Salah satu karakter generasi millennial adalah “multitasking adalah cara hidup” yaitu penanganan informasi dan berkomunikasi. Adapun contohnya adalah, bagaimana generasi-genarasi sebelumnya pulang ke rumah dan menonton tv, sedangkan generasi ini pulang ke rumah mendengarkan iPod sambil mengerjakan pekerjaan rumah, sambil menggunakan sms dari ponsel mereka.
• Selain itu mereka juga menggunakan internet untuk penelitian atau informasi apapun yang mereka butuhkan.. Karena multitasking ini, generasi ini tumbuh dengan kemampuan yang lebih baik untuk memproses beberapa aliran informasi pada waktu yang sama.

Generasi Z
• Generasi Z adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1995 sampai dengan tahun 2014 masehi. Generasi Z adalah generasi setelah Generasi Y, generasi ini merupakan generasi peralihan Generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang. Beberapa diantaranya merupakan keturunan dari Generasi X dan Y.
• Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan Generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

scroll to top