Lingkungan

Sinopsis Buku Dasar-dasar Ilmu Lingkungan

Buku ini dapat dijadikan pedoman bagi kalangan mahasiswa, akademisi, praktisi dan instansi pemerintah dalam kaitan dengan lingkungan. Karena buku Dasar-dasar Ilmu Lingkungan secara lengkap dan luas membahas mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu lingkungan dasar seperti ekologi, lingkungan, sumber daya alam, pencemaran, sampah, AMDAL, Pembangunan berkelanjutan dan pemanasan global.

 

Ekologi membahas mengenai definisi ekologi, prinsip-prinsip ekologi, jenis-jenis ekologi, ekosistem, dan ekologi manusia. Sedangkan Lingkungan memuat antara lain definisi lingkungan,  tiga pilar lingkungan hidup, kerusakan lingkungan baik akibat alam maupun ulah manusia, dan paradigma baru pengelolaan lingkungan. Yang menarik pada kedua bab diatas adalah adanya perbedaan antara ekologi dan ilmu lingkungan.

 

Penjelasan Sumber daya alam sangat lengkap meliputi Pengertian Dan Jenis Sumber Daya Alam, Potensi Sumber Daya Alam, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Kerusakan Sumber Daya Alam, Pelestarian Sumber Daya Alam, dan Konservasi Sumber Daya Alam.

 

Pembahasan mengenai Pencemaran dibagi empat yaitu pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan  limbah industry. Pencemaran udara meliputi: Definisi Pencemaran Udara, Pengaruh Pencemaran Udara terhadap Kesehatan, Sumber Pencemaran Udara, Sumber Pencemaran Udara, Jenis-jenis Pencemar Udara, dan Zat-zat Pencemar Udara, Jenis-Jenis Pencemaran Udara, Zat-zat Pencemar Udara. Pencemaran Air membahas: Definisi Pencemaran Air, Limbah, Dampak Air Limbah, Baku Mutu Lingkungan, Metode Pengolahan Limbah Paling Efektif. Pencemaran Tanah membahas Jenis Tanah dan Persebarannya Di Indonesia, Kriteria Kerusakan Tanah, Penyebab pencemaran tanah, Jenis Polutan Pencemar Tanah, Regulasi, Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Pencemaran Tanah. Limbah Industri membahas Parameter Pengolahan Air Limbah, Parameter kualitas air limbah, Teknik-teknik Pengolahan Air Buangan Secara Fisika, Kimia dan Biologi

 

Sampah menjelaskan mengenai Pengertian Sampah, Klasifikasi Sampah, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Pengelolaan Sampah, Sistem Pengelolaan Sampah Perkotaan Ideal, Regulasi Pengelolaan Sampah di Indonesia dan yang paling menarik pada bab sampah adalah Belajar Mengelola Sampah Dari Negara Lain

 

AMDAL memaparkan mengenai Sejarah AMDAL, Pengertian AMDAL, Jenis – Jenis AMDAL, Prosedur AMDAL, Proyek Sipil Wajib AMDAL, Audit Lingkungan Hidup, Penapisan, Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL)

 

Pembangunan Berkelanjutan membahas mengenai Sejarah Pembangunan Berkelanjutan, Prinsip-prinsip Pembangunan Berkelanjutan, Masalah Pembangunan dan Pembangunan Berkelanjutan Bagi Negara Berkembang.

 

Mengapa Pemanasan Global menjadi bab sendiri pada buku ini, padahal pemanasan global adalah kasus dan bukan termasuk dasar-dasar ilmu lingkungan. Hal itu karena, pemanasan global sekarang menjadi isu internasional yang membutuhkan tindakan local. Apalagi Indonesia di daulat sebagai penyumbang emisi terbesar di dunia dari kebakaran hutan.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button