Manajemen Pemasaran di Era Global atau Marketing Management in the Global Era | DR. Arif Zulkifli Nasution

Manajemen Pemasaran di Era Global atau Marketing Management in the Global Era

Tahapan Revolusi Industri
I. Era Mekanisasi
II. Era Elektronik
III. Era Otomatisasi
IV. Era Digital

Era Digitalisasi
1.0 Menghitung dan Mendokumentasikan untuk pengambilan keputusan
2.0 Teknologi terhubung menjadi media sosialisasi
3.0 Teknologi memberikan ruang bagi publik untuk berpartisipasi aktif

Pengguna Internet di Indonesia
Berdasarkan Internet World Stats pada internet users in the top 20 countries per 31 Maret 2017, Indonesia merupakan peringkat ke-4 sebagai pengguna internet terbesar.
Data statistik pengguna internet Indonesia dari APJII 2016, perkembangan internet di Indonesia dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 256 juta, memiliki jumlah pengguna internet mencapai 132,7 juta user atau sekitar 51,8 % dari total penduduk di Indonesia

Data Bisnis Online
• Survey APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016, bahwa internet yang di gunakan di Indonesia lebih banyak dipergunakan dalam hal bisnis online melalui online shop sebesar 82,2 juta orang atau 62%.
• Konten media sosial yang sering di kunjungi sebesar 71,6 juta atau 54% adalah Facebook disusul dengan Instagram 19,9 juta orang atau 15%
• Berdasarkan hasil survey yang dilakukan APJII 2016 dapat dilihat bahwa pengguna internet di Indonesia terbesar adalah dengan rentang umur 25-29 tahun dan 35-39 tahun
• Interval umur tersebut adalah rentang yang tergolong anak muda atau bisa dikatakan masuk pada generasi Milineal atau generasi Y.

Pengaruh Generasi Milineal
• Dari segi ekonomi, menurut survei Nielsen, Generasi Z sudah memengaruhi perputaran ekonomi dunia sebagai 62 persen konsumen pembeli produk elektronik. Ini dipengaruhi oleh kehidupan mereka yang sudah serba terkoneksi dengan internet.

Karakteristik Milenial
• Karakteristik Milenial berbeda-beda berdasarkan wilayah dan kondisi sosial-ekonomi.
• Peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Dengan karakteristik tersebut tentu sebagai mayoritas pengguna internet, mereka juga menggunakan online shop sebagai trend pemenuhan kebutuhan mereka.

Tiga Karakter Unggul Milineal
1. Out of the box
2. Confidence
3. Connected

Pemasaran
• Pemasaran adalah suatu proses sosial yang di dalamnya terdapat individu dan kelompok yang mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2004).
• Dalam konteks bisnis, pemasaran mencakup menciptakan hubungan pertukaran muatan nilai dengan pelanggan yang menguntungkan. Karena itu, pemasaran sering disebut dengan proses yang dilakukan perusahaan dalam menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalanya.

Pemasaran Online
• pemasaran online adalah proses menjual produk atau jasa menggunakan media internet atau jaringan, artinya kegiatan pemasaran dilakukan secara elektronik lewat internet atau jaringan cyber.
• Seni pemasaran online melibatkan proses menemukan strategi pemasaran yang tepat bagi target pasar tertentu sehingga memungkinkan untuk terjadinya transaksi.
• Pemasaran online berkaitan dengan proses penelitian dan analisa terharap strategi pemasaran online yang dipilih sekaligus pengukuran tingkat kesuksesan dari strategi tersebut.
• Online advertising adalah bentuk pemasaran dan periklanan yang dalam penyampaian pesan promosinya menggunakan media internet. Termasuk di dalamnya adalah pemasaran melalui surat elektronik (email marketing), pemasaran melalui mesin pencari (search engine marketing), pemasaran melalui media sosial (social media marketing), beberapa jenis display advertising termasuk periklanan banner website (web banner advertising), dan mobile advertising.

Manfaat Pemasaran Online
1. Memberikan kemudahan
2. Mendapatkan informasi
3. Menghindari penawaran product yang berlebihan.

Manfaat lain Marketing Online
• Alat untuk pembangun hubungan pelanggan yang membuat perusahaan dan pelanggannya lebih akrab.
• Dapat mengurangi biaya dan meningkatkan efisiensi. Pemasar online menghindari pengeluaran untuk perawatan alat-alat toko, sewa toko, listrik dan asuransi toko.
• Pemasaran online juga menawarkan keluwesan yang lebih baik, yang membuat pemasar dapat membuat penyesuaian yang berkelanjutan pada tawar dan programnya.
• Pemasar dapat melakukan pemasaran online dengan empat cara, yaitu dengan menciptakan etalase toko elektronik, memasang iklan online, berperan serta dalam forum internet, kelompok berita, atau komunitas web, atau menggunakan e-mail online atau webcasting.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

scroll to top