Contoh Kerangka Acuan Kerja (TOR) PENYUSUNAN DOKUMEN ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN LALU LINTAS …

Pendahuluan

Pembangunan ….ada lahan sekitar 3 hektar untuk mall, perkantoran dan apartemen akan menimbulkan bangkitan lalu lintas. Bangkitan yang besar pada jalan yang tidak bertambah lebar tentu membutuhkan pengelolaan agar kelancaran lalu lintas terjaga baik di sekitar lokasi kegiatan maupun akses keluar masuk  …..

Untuk mengelola dampak lalu lintas akibat pembangunan …ini maka perlu dilakukan studi analisis dampak lingkungan lalu lintas.  Studi akan dilakukan dengan menginduk pada peraturan perundang-undangan yang dan konsultasi dengan stakeholder terutama Dinas Perhubungan kota …..

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud Kegiatan

Maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah tersusunnya dokumen Andal Lalin yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam kegiatan pra, konstruksi, operasi dan pasca operasi “PEMBANGUNAN sehingga kegiatan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku serta kelancaran lalu lintas dapat terkelola.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan Jasa Konsultansi ini adalah adalah melakukan koordinasi dan konsultasi, melakukan kajian tentang rincian dan deskripsi, melakukan observasi lapangan, melakukan survey lapangan untuk pengumpulan data primer dan skunder serta melakukan kajian untuk menyusun dokumen Andal Lalin “….”.

 

CARA PELAKSANAAN KEGIATAN

Metode Pelaksanaan

  1. Melakukan koordinasi dan konsultasi tentang rencana Pekerjaaan Penyusunan dokumen andal lalin “….”.
  2. Melakukan observasi lapangan untuk pelingkupan guna mendapatkan tipologi lingkungan dan dampak penting.
  3. Melakukan survey lapangan untuk pengumpulan data primer dan skunder tentang lingkungan, sosial dan ekonomi.
  4. Melakukan kajian untuk menyusun dokumen Andal lalin.
  5. Memproses persetujuan dokumen Andal Lalin

 

Tahapan Kegiatan

  1. Survey Pendahuluan.
  2. Pengumpulan Data Sekunder.
  3. Kegiatan Survey.
  4. Kegiatan Analisis.
  5. Koordinasi / Konsultasi.

TENAGA AHLI / PERSONIL DAN LINGKUP PENUGASAN.

Tenaga ahli yang menyusun dokumen harus yang professional dan berpengalaman, Ketua Tim harus memiliki sertifikat AMDAL, dan berpengalaman minimal 10 (sepuluh) tahun dibidang lingkungan serta dapat melampirkan sertifikatnya, apabila dikemudian hari tenaga ahli yang dinilai tidak mampu melanjutkan pekerjaannya maka akan diganti oleh pemberi pekerjaan atau oleh ketua tim dengan persetujuan pemberi pekerjaan.

1.     Penugasan tenaga ahli dan tenaga pendukung untuk kegiatan ini, adalah :

No Tenaga Ahli / Personil Kualifikasi Satuan Jumlah OB
A. Tenaga Ahli      
1 Ketua Tim / Team Leader Ahli Madya OB 3
2 Ahli Manajemen Transportasi Ahli Muda OB 3
3 Ahli Rekayasa Transportasi Ahli Muda OB 3
6 Ahli Manajemen Konstruksi Ahli Muda OB 3
B Tenaga Pendukung      
1 Surveyor OB 3
2 Operator Komputer OB 3

2.     Kualifikasi tenaga ahli dan tenaga pendukung untuk kegiatan ini, adalah :

  1. Ketua Tim / Team Leader, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) berpengalaman sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun dalam bidangnya serta memiliki sertifikat sebagai penyusun AMDAL dan bertugas selama 3 (empat) bulan efektif.
  2. Ahli Manajemen Transportasi, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) Kimia berpengalaman sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dalam bidangnya dan bertugas selama 3 (tiga) bulan efektif.
  3. Ahli Rekayasa Transportasi, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) Biologi berpengalaman sekurang-kurangnya 5 (lima)   tahun dalam bidangnya dan bertugas selama 3 (tiga) bulan efektif.
  4. Ahli Manajemen Konstruksi, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) Teknik Sipil / Transportasi berpengalaman sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun dalam bidangnya dan bertugas selama 3 (tiga) bulan efektif.

 

3.     Tenaga pendukung untuk kegiatan ini, adalah :

  1. Tenaga Survey, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Muda (D3) atau Sekolah Menengah berpengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun dalam bidangnya dan bertugas selama 3 (tiga) bulan efektif sebanyak 1 (satu) orang.
  1. Operator Komputer, dengan kualifikasi pendidikan Sarjana Muda (D3) atau Sekolah Menengah berpengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun dalam bidangnya dan bertugas selama 3 (tiga) bulan efektif sebanyak 2 (dua) orang..

 

  1. PELAPORAN

Jasa konsultansi untuk Pekerjaaan Penyusunan dokumen andal lalin “… ini diwajibkan menyampaikan laporan dalam bentuk buku adalah sebagai berikut :

  1. Laporan Pendahuluan (Inception Report)

Sebanyak 30 (Tiga Puluh) eksemplar, berisikan rencana pelaksanaan pekerjaan, koordinasi dan konsultasi dengan instansi terkait, pengumpulan data dan identifikasi terhadap rencana kegiatan, data existing pelaksanaan kegiatan. Laporan Pendahuluan dibuat oleh PIHAK KEDUA dan disampaikan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat 1 (Satu) bulan setelah penandatanganan kontrak;

 

  1. Draft Laporan Akhir (Draft Report)

Sebanyak 30 (Tiga Puluh) eksemplar, adalah bentuk Draf Dokumen UKL, dan UPL yang berisikan hasil analisis dampak lingkungan, rencana pengelolaan lingkungan dan rencana pemantauan lingkungan, dibuat oleh PIHAK KEDUA dan disampaikan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat 5 (Lima) bulan setelah penandatanganan kontrak.

  1. Laporan Akhir (Final Report).

Sebanyak 30 (Tiga Puluh) eksemplar, adalah bentuk Dokumen UKL, dan UPL, yang berisikan dokumen hasil analisis dampak lingkungan, rencana pengelolaan lingkungan dan rencana pemantauan lingkungan, dibuat oleh PIHAK KEDUA dan disampaikan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat 6 (enam) bulan setelah penandatanganan kontrak.

  1. Ringkasan Eksekutif (Executive Summary)

Sebanyak 30 (Tiga Puluh) eksemplar, yang berisikan Ringkasan Eksekutif (Executive Summary) Dokumen UKL, dan UPL, hasil analisis dampak lingkungan, rencana pengelolaan lingkungan dan rencana pemantauan lingkungan RPL, dan Soft Copy (CD) sebanyak 5 (lima) copy, dibuat oleh PIHAK KEDUA dan disampaikan kepada PIHAK PERTAMA paling lambat 6 (enam) bulan setelah penandatanganan kontrak.

  1. PENUTUP

Hal-hal yang belum ditentukan Kerangka Acuan Kerja (Term Of Reference) ini akan ditentukan kemudian dan ditetapkan oleh Pemberi Tugas.

NB: Apabila Anda membutuhkan AMDAL atau RKL/RPL bagi kegiatan usaha Anda, dapat menghub 082110775674 (wa only) atau bangazul@gmail.com

Exit mobile version