Lingkungan

Amanah Manusia Sebagai Khalifah Memakmurkan Bumi*

Allah menciptakan manusia di bumi ini sebagai khalifah. Lalu, apa tugas manusia sebagai khalifah di bumi? Tugas manusia sebagai khalifah di bumi ini, selain tugas utamanya, yaitu beribadah kepada Allah, ialah untuk memakmurkan bumi, menjaga alam dan isinya. Manusia Allah turunkan ke bumi dengan segala fasilitasnya, dan tentunya bukan buat dipergunakan begitu saja, melainkan untuk dijaga, dilestarikan, dan menggunakan apa yang ada di alam secukupnya tanpa harus berlebihan.
Mencuatnya isu kerusakan lingkungan di dunia dengan segala aspek yang berkaitan dengannya, seperti perubahan cuaca, pemanasan global, dan lainnya makin mendorong ilmuan maupun pemerhati lingkungan untuk mencari solusi yang tepat dalam menekan dan jika dapat menghilangkan dampak kerusakan lingkungan. Prilaku hidup yang penuh kerakusan dan hedonis terhadap dunia memberikan dampak buruk pada alam.
Salah satu unsur penting yang ada di alam ini adalah hutan, Hutan sebagai anugerah Allah SWT yang diamanatkan kepada bangsa Indonesia merupakan unsur utama sistem penyangga kehidupan manusia dan merupakan modal dasar pembangunan nasional. Hutan memiliki manfaat, baik ekologi, sosial budaya, maupun ekonomi agar kehidupan bangsa Indonesia berkembang secara seimbang. Hutan dianggap memiliki peran sentral sebagai penghasil oksigen bagi umat manusia, sehingga Indonesia pernah disebut sebagai paru-paru dunia karena memiliki area hutan yang sangat luas.
Namun, saat ini ancaman kerusakan hutan akibat kebakaran lahan dan hutan merupakan permasalahan serius. Kebakaran lahan dan hutan mengakibatkan bencana asap yang mengancam aspek-aspek kehidupan manusia pada tingkat lokal, nasional, regional bahkan global seperti kerugian ekonomis, ekologis, politis, sosial, kesehatan dan kematian. Krisis lingkungan hidup dengan berbagai manifestasinya, sejatinya adalah krisis moral, karena manusia memandang alam sebagai obyek untuk dimanfaatkan semata bukan sebagai obyek yang perlu dipelihara untuk kelangsungan kehidupan manusia.
Aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan tersebut, berdampak langsung pada lingkungan dan kehidupan manusia itu sendiri. Sumberdaya alam penting yang tak terbarukan, seperti air dan energi fosil semakin cepat terkuras. Kelangkaan sumberdaya air dan energi merupakan ancaman eksistensi kehidupan masa depan manusia. Karena itu, konservasi dan pelestarian sumberdaya sebagai penunjang eksistensi kehidupan harus menjadi prioritas dengan merubah perilaku merusak lingkungan menjadi ramah lingkungan yang di realisasikan dalam tindakan nyata.
Pembakaran hutan atau lahan secara sengaja adalah perbuatan yang merusak lingkungan atau mungkin sebagai teroris lingkungan dan berarti melanggar aturan-aturan pemeliharaan lingkungan yang diperintahkan Allah yang berarti pula, mereka ingkar kepada Allah. Firman Allah SWT yang menjelaskan tentang larangan berbuat kerusakan di darat dan di laut akibat perbuatan manusia:
“Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. al-Rûm: 41)
Majelis Ulama Indonesia telah menetapkan Fatwa No.30 Tahun 2016 yang menyatakan bahwa haram hukumnya melakukan pembakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kerusakan, pencemaran lingkungan, kerugian orang lain, gangguan kesehatan, dan dampak buruk lainnya.
Agama Islam diturunkan oleh Allah Ta’ala sebagai rahmat bagi sekalian alam (rahmatan lil-alamin). Karena itu, ajaran Islam memberikan panduan bagi umat manusia bukan saja tentang bagaimana menjaga hubungan kepada Sang Pencipta dan sesama manusia, tetapi juga bagaimana menjaga alam seisinya ini agar tetap membawa kemanfaatan bagi umat manusia. Manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah di bumi mengemban amanah dan bertanggung jawab untuk memakmurkan bumi seisinya. Tentunya perbuatan ini akan kita pertanggung jawabkan pada yaumul akhir nanti.

1 2Next page
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button