Home / Layanan / Konsultasi Green Management

Konsultasi Green Management

Peter Drucker (1974) mengatakan, hanya dua hal yang menimbulkan profit saat ini yaitu marketing dan inovasi. Tujuan marketing secara umum adalah memuaskan konsumen (Philip Kotler 2009). Konsumen puas apabila barang yang diterima berkualitas, tahan lama dan harganya murah. Barang yang berkualitas dan tahan lama berdampak positif pada lingkungan. Dampak positifnya yaitu barang tersebut memiliki jangka waktu pemakaian yang lama sehingga akan mengurangi frekuensi pengambilan bahan mentah dari alam dan mengurangi jumlah barang yang akan menjadi limbah. Sedangkan untuk menciptakan produk yang murah, perusahaan berusaha melakukan efisiensi biaya yang berarti terjadi penghematan penggunaan sumber daya alam.

Memasuki abad ke-21, perusahaan-perusahaan yang semula tidak menyetujui program penanggulangan lingkungan dan merasa terpaksa mematuhi kebijakan lingkungan berubah menjadi mencegah pencemaran dan bertanggungjawab. Semakin banyak perusahaan yang mengadopsi kebijakan pelestarian fungsi lingkungan yaitu mengembangkan strategi yang melestarikan lingkungan maupun menghasilkan laba bagi perusahaan. Sebuah perusahaan dapat mempraktikkan pencegahan polusi, tidak sekadar mengendalikan polusi yang hanya membersihkan limbah setelah menghasilkannya. Pencegahan polusi berarti menghilangkan atau meminimasi limbah sebelum limbah dihasilkan.

Pemenang penulis Pulitzer Prize dan kolumnis New York Times Thomas L. Friedman menyatakan kebijakan pemerintah dan industri seharusnya mengambil peran pada strategi “go-green” untuk mempromosikan efisiensi energi, energi terbaharukan dan berbagai inovasi teknologi bersih untuk membantu melepaskan ketergantungan bangsa pada minyak dari konflik politik diberbagai belahan dunia. Friedman mengklaim inovasi dapat meningkatkan kesempatan ekonomi dan menuju pada tantangan global pada peningkatan harga energi, terorisme, perubahan iklim, dan konsekuensi lingkungan akibat pertumbuhan ekonomi yang cepat di China dan India (Ottman, Stafford, and Hartman; 2006)

Konsultasi Green Management meliputi:

  • Green Product,
  • Green Marketing
  • Green Building,
  • Green Promotion,
  • Green Place,
  • CSR,
  • Manajemen Konflik
  • dan sebagainya

Untuk Konsultasi Silahkan Registrasi disini REGISTRASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.